Senin, 03 September 2012

Kankroid ( Ulkus Molle)

Etiologi
     Ulkus molle adalah penyakit kelamin dengan ulkus genital yang nyeri sekali. Kuman penyebabnya adalah Hemofilus ducreyi, suatu basil gram negatif yang berbentuk batang. Penularan biasanya berlangsung lewat koitus, tetapi dapat juga melalui tangan. Masa inkubasinya pendek; biasanya luka sudah kelihatan dalam waktu 3-5 hari atau lebih dini lagi, sesudah terkena infeksi.

Gambaran Klinik
     Luka dini kelihatan berupa vesikopustula pada vulva, vagina atau serviks, nyeri tanpa indurasi. Kemudian, luka ini mengalami degenerasi, melebar dan tampak membesar yang meradang disertai dengan edema. Luka ini sangat nyeri dan mengeluarkan getah yang berbau, kental dan dapat menular. Ulkus ini kemudian dapat berkembang menjadi kumpulan ulkus-ulkus. Kadang-kadang kankroid dapat berkembang menjadi ulkus-ulkus serpiginus dan fagedenis. Kira-kira setengah dari pasien akan menderita limfadenitis inguinal yang terasa nyeri; bubo dapat membesar dan menjadi abses.

Diagnosis
     Hemofilus Ducreyi dapat dibiakkan pada agar darah dar luka-luka terbuka atau bubo. Tes kulit intradermal dengan vaksin basil menjadi positif 1-2 minggu sesudah infeksi ( tes kulit Ducrey ). Reaksi ini dapat tetap positif selama bertahun-tahun. Pencatan Gram yang dilakukan pada bahan yang diambil dari luka dapat menunjukkan basil batang gram negatif yang bertumpuk-tumpuk seperti dalam satu ikatan. Pembiakan yang dibuat dari bahan yang diambil secara boipsi adalah cara yang paling akurat untuk diagnosis.

Penanganan
     Penanganan lokal yang terdiri atas kebersihan sangat penting; luka dini harus dibersihkan sengan larutan sabun yang encer. Pengobatan terdiri atas pemberian salah satu jenis sulfonamid, misalnya sulfisoxazole selama 7-10 hari. Pengobatan ini dapat diulang. keuntungan pemberian sulfonamid adalah karena obat ini tidak menutupi adanya infeksi campuran dengan sifilis. Sterptomisin 1 gram intramuscular setiap hari mungkin dapat menyembuhkan kankroid; dan kadang-kadang pengobatan ini dapat dikombinasikan dengan tetrasiklin 500 mg oral 3-4 kali sehari selama 2 minggu, atau sampai sembuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar